Menguak Metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan AMOS & LISREL dalam Workshop Magister Psikologi di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Rabu, 15 Mei 2024 - 11:20:34 WIB / Dibaca: 33 kali


Pada hari Sabtu, tanggal 11 Mei 2024, pukul 09.00 - 12.00 WIB, sebuah acara workshop bergengsi dilaksanakan di Gedung Graha Wiyata Ruang Meeting Room Lantai 1, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Workshop tersebut diselenggarakan oleh Magister Psikologi Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan tema "Structural Equation Modelling (SEM) dengan AMOS & LISREL".

Acara ini dihadiri oleh sejumlah mahasiswa magister psikologi yang berminat dalam menganalisis data dengan menggunakan teknik SEM yang semakin populer dalam penelitian psikologi dan ilmu sosial. Narasumber utama pada acara ini adalah Dr. Rakhman Ardi, M.Psych., seorang ahli di bidang psikologi yang memiliki pengalaman luas dalam menerapkan SEM dengan bantuan perangkat lunak AMOS dan LISREL.

Structural Equation Modelling (SEM) adalah sebuah metode statistik yang digunakan untuk menguji hubungan antara variabel-variabel laten dan observasi. Dalam konteks psikologi, SEM telah menjadi alat yang penting untuk memahami kompleksitas hubungan antara variabel-variabel psikologis seperti sikap, kepercayaan diri, dan perilaku.

Perangkat lunak seperti AMOS (Analysis of Moment Structures) dan LISREL (Linear Structural Relations) menjadi alat yang sangat berguna dalam menerapkan SEM. Mereka memungkinkan para peneliti untuk memodelkan hubungan antara variabel-variabel secara grafis, sehingga memudahkan interpretasi hasil analisis.

Dalam workshop ini, peserta diajak untuk memahami konsep dasar SEM, bagaimana mengkonstruksi model, serta langkah-langkah praktis dalam menerapkannya menggunakan perangkat lunak AMOS dan LISREL. Dr. Rakhman Ardi memberikan penjelasan mendalam serta contoh aplikasi dari teknik ini, sehingga peserta dapat mengaplikasikannya dalam penelitian mereka sendiri.

Acara ini tidak hanya menjadi forum untuk berbagi pengetahuan tetapi juga menjadi ajang untuk memperluas jaringan dan kolaborasi antara para peneliti di bidang psikologi. Diskusi dan tanya jawab antara peserta dan narasumber juga memberikan wawasan tambahan bagi semua yang hadir.

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan metode analisis data, workshop seperti ini menjadi sangat penting bagi para akademisi dan peneliti untuk tetap relevan dan dapat menghasilkan penelitian yang berkualitas tinggi. Diharapkan, melalui workshop seperti ini, pengetahuan tentang teknik SEM dengan AMOS dan LISREL dapat tersebar luas dan memberikan kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan di bidang psikologi dan ilmu sosial secara umum.