Mahasiswa Magister Psikologi Untag Surabaya Menjadi Presenter Call for Paper dalam SEMNAS dan Call for Paper Psikologi Sosial 2019

Jumat, 09 Agustus 2019 - 15:15:04 WIB / Dibaca: 715 kali


Pada tanggal 3-4 Mei 2019, Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang mengadakan Seminar Nasional & Call for Paper 2019. Acara tersebut diselenggarakan di Aula Gedung C-1 Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

“Psikologi Sosial di Era Revolusi Industri 4.0 : Peluang & Tantangan” menjadi tema yang diusung dalam seminar kali ini, dimana terdapat beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan, yaitu Workshop & Call for Paper.

Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. selaku Dekan Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang membuka secara langsung kegiatan ini. Beliau bersama Dr. Rakhman Ardy, M.Psych. (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga) dalam kesempatan yang sama mengisi workshop dengan tema “Pengantar Metodologi Riset Psikologi Dalam Kajian Media”.

Dalam kesempatan ini, 7 orang mahasiswa Magister Psikologi Untag Surabaya mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) dan menjadi presenter penelitian. Para mahasiswa tersebut senang menjadi bagian dalam seminar nasional kali ini. Selain itu, mereka juga merasa senang karena bertemu dengan mahasiswa baik s1, magister maupun doktor dari berbagai Universitas lain dan dapat saling berbagi hasil penelitian.

Dr. Rr. Amanda Pasca Rini, M.Si., Psikolog selaku Kaprodi Magister Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menyampaikan bahwa kegiatan ini memang menjadi agenda rutin yang dilakukan oleh Magister Psikologi di setiap angkatan.

“Magister Psikologi memang selalu mendorong para mahasiswa untuk berani mempresentasikan hasil penelitiannya kepada masyarakat, dimana salah satunya melalui keikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan semacam ini”, ujar beliau.

Beliau berharap semoga kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa magister psikologi lainnya untuk mengikuti presentasi-presentasi pada conference atau seminar serupa, baik tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, semoga penelitian-penelitian yang dilakukan mahasiswa magister psikologi dapat memberikan sumbangsih yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Berikut adalah nama-nama mahasiswa Magister Psikologi yang menjadi presenter Call for Paper :

  1. Ryan Andhika Putra (Judul : Model Pengasuhan Keluarga Dalam Mengurangi Penggunaan Media Sosial Pada Anak)
  2. Sinatrya Sesurya (Judul : Perilaku Konsumtif Pada Laki-Laki “Zaman Now” Pengguna Aplikasi “Online Shop” Dalam Membeli Barang Di Surabaya)
  3. Nofiasari Ika Agustina (Judul : Identitas Sosial Anak Sd Dalam Beragama (Studi Kasus Pada Mi Nu Waru Ii Medaeng, Sidoarjo))
  4. Andini Fransisca Dhapa Saka (Judul : Tinjauan Teori Compliance Tentang Tradisi Minum Moke di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur)
  5. Arlinda Cornelio (Judul : Konformitas Mahasiswa Asal Timor Leste)
  6. Alif Rodhiana (Judul : Faktor-Faktor Kognitif Dalam Perilaku Sehat Lansia)
  7. Indarto Imam Budoyo (Judul : Strategy Mengatasi Perilaku Delinkuensi Pada Remaja Sekolah Menengah Pertama (SMP))