Mahasiswa Magister Psikologi Untag Surabaya Menjadi Presenter Call for Paper dalam Temilnas-IPS 2019

Senin, 22 April 2019 - 15:06:24 WIB / Dibaca: 697 kali


Pada tanggal 5-7 April 2019 kemarin, Ikatan Psikologi Sosial Indonesia (IPS) HIMPSI & Prodi Psikologi FK Universitas Sebelas Maret mengadakan Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Sosial ke-9 & Musyawarah Nasional IPS Tahun 2019. Acara tersebut diselenggarakan di Grand HAP Hotel di Jl. Slamet Riyadi 331 Surakarta.

“Peran Psikologi Sosial dalam Pemecahan Masalah Sosial dan Perencanaan Kebijakan Publik” menjadi tema yang diusung pada Temilnas 2019 kali ini, dimana terdapat beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, yaitu Call for Paper (Oral & Poster Presentation).

Dalam kesempatan yang sama, 4 orang mahasiswa Magister Psikologi Untag Surabaya mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) dan menjadi presenter penelitian. “Ketika awal pengumuman abstrak merasa senang dan bangga karena menjadi bagian dari Temilnas tahun 2019 ini”, ucap M. Bagus Afrizal Arifani, salah satu mahasiswa yang menjadi presenter penelitian.

Ia menambahkan bahwa dirinya sangat bersemangat karena bertemu banyak mahasiswa baik s1, magister maupun doktor dari berbagai Universitas lain sehingga dapat menambah wawasan maupun untuk kepentingan perkuliahan ke depannya.

Mahasiswa yang akrab disapa Afrizal ini juga berharap kepada mahasiswa lainnya agar jauh lebih bersemangat dan mempersiapkan diri di event-event lainnya dengan sebaik mungkin, sehingga bisa menunjukkan bahwa Untag juga mampu bersaing dengan Universitas lainnya.

Dr. Rr. Amanda Pasca Rini, M.Si., Psikolog selaku Kaprodi Magister Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya menyampaikan bahwa kegiatan ini memang menjadi agenda rutin yang dilakukan oleh Magister Psikologi di setiap angkatan.

“Kita memang berusaha mendorong para mahasiswa khususnya bagi mahasiswa Magister Psikologi Untag Surabaya untuk berani mempresentasikan hasil penelitiannya kepada masyarakat, dimana salah satunya melalui keikutsertaan dalam kegiatan-kegiatan semacam itu”, ujar beliau.

Beliau berharap semoga kegiatan ini dapat memotivasi mahasiswa magister psikologi lainnya untuk mengikuti presentasi-presentasi pada conference atau seminar serupa, baik tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, semoga penelitian-penelitian yang dilakukan mahasiswa magister psikologi dapat memberikan sumbangsih yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.