Fakultas Psikologi Untag Surabaya Bagikan Hasil Penelitian Alumni Melalui Seminar "Bhakti Alumni 2019"

Senin, 08 April 2019 - 10:31:42 WIB / Dibaca: 823 kali


Sabtu (23/03) Fakultas Psikologi Untag Surabaya mengadakan Seminar hasil-hasil penelitian alumni Fakultas Psikologi dengan tema "Bhakti Alumni 2019". Bertempat di Gedung Graha Wiyata Lt. 9 Untag Surabaya, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa S1 yang sedang menempuh skripsi, mahasiswa S2, serta tamu undangan yang berasal dari beberapa sekolah di Surabaya. 

Dr. Suroso, MS., Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi Untag Surabaya secara langsung membuka kegiatan tersebut. “Ini merupakan kegiatan bhakti alumni yang mungkin sudah beberapa kali kami adakan, namun sebelumnya kami fokuskan kepada Magister Psikologi. Kami ingin terus memberikan sesuatu yang bermanfaat baik kepada para mahasiswa maupun alumni, khususnya bagi mahasiswa-mahasiswa S1 yang saat ini sedang mengambil program skripsi”, tutur beliau.

Dekan yang akrab disapa Pak Roso ini berharap kegiatan bhakti alumni merupakan wadah atau media yang menjadi motivator bagi mahasiswa maupun peneliti-peneliti lain. Beliau juga berharap bahwa para mahasiswa maupun peneliti-peneliti yang berasal dari Untag Surabaya khususnya Fakultas Psikologi dapat memberikan sumbang saran atau bahkan solusi bagi masyarakat khususnya terkait problematika-problematika yang terjadi di sekitar kita.

Dalam kesempatan ini, narasumber yang hadir yaitu Suhadianto, S.Psi., M.Psi, PsikologIsrida Yul Arifiana,S.Psi., M.Psi, Psikolog; Nindia Pratitis, S.Psi., M.Psi, Psikolog; Pomyrolline Theedens, S.Psi., M.Psi, Psikolog; dan Lisa Purnamasari, S.Psi. 

Para narasumber tersebut hadir untuk mempresentasikan dan memberikan gambaran tentang hasil penelitian masing-masing yang telah dilakukan. Judul penelitiannya antara lain : 1. Model Pembelajaran Multikultural pada Pesantren Modern sebagai Upaya Mereduksi Paham Radikalisme, 2. Self-esteem dan Social Comparisson dengan Body Dissatisfaction pada Remaja Putri Pengguna Media Sosial Instagram di Surabaya, 3. Efektifitas Terapi Kelompok untuk Menurunkan Stress pada Lansia Korban Kekerasan di Panti Werdha Budi Agung Kupang.

"Masih banyak sekali problem-problem terjadi di sekitar kita yang bisa gunakan sebagai bahan penelitian. Penelitian biasanya muncul karena ada gap antara harapan dengan kenyataan yang ada', ucap salah satu narasumber. Ia juga berpesan kepada para mahasiswa bahwa dalam melakukan penelitian harus benar-benar berhati-hati, baik dalam melakukan penggalian data, memilih metode penelitian, maupun menyimpulkan hasil penelitian. 

Kegiatan ini berakhir pukul 10.30 WIB kemudian dilanjutkan dengan pembekalan bagi mahasiswa S1 yang menempuh skripsi.