Partisipasi Mahasiswa Magister Psikologi Dalam The 5th Inter-Islamic University Conference Psychology, Oktober 2018

Selasa, 23 Oktober 2018 - 17:27:49 WIB / Dibaca: 934 kali


The 5th Inter-Islamic University Conference Psychology kali ini diselenggarakan pada tanggal 20 - 21 Oktober 2018 di Universitas Muhammadiyah Malang. Tema yang diusung adalah“Application Of Psychology And Islamic Perspective To Respond Challenges In Modern Civilization”, yang memiliki beberapa rangkaian acara diantaranya Workshop & Call for Paper.

Keynote Speakers yang hadir adalah Hanan Dover (International Asociation of Muslim Psychologists), H.E. Mr. Hakeem Toyim Balogun** (Embassy of The Federal Republic of Nigeria Jakarta, Indonesia), dan M. Salis Yuniardi, M.Psi, PhD, Psikolog (Department of Psychology, University of Muhammadiyah Malang).

Dalam kesempatan kali ini, 2 orang mahasiswa Magister Psikologi Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berhasil mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) sebagai presenter studi Call for Paper melalui proses bimbingan dengan masing-masing dosen pembimbing.

Lailil Mukarromah (NPM : 1531700020) merupakan salah satu mahasiswa yang berhasil mendapatkan LoA (Letter of Acceptance) dan present dengan judul abstrak Pattern of Students Who Perforce Entering Islamic Boarding School.

“AWESOME!!! Itulah kata pertama yang menggambarkan perasaan saya kepada Mapsi UNTAG 1945 Surabaya yang sudah mendorong bahkan menjungkrakkan saya sehingga bisa menginjakkan kaki di kampus UMM - Malang untuk mengikuti call of paper”, ujar mahasiswi yang juga sedang hamil tua ini.

Ia menambahkan semenjak ada email masuk LoA dari panitia, perasaan tidak percaya diri selalu menghantui, perasaan takut akan gagal selalu menghampiri dalam pikiran, hampir setiap malam menjadi burung hantu untuk menyempurnakan tulisan.

Ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Dekan, Kaprodi Magister Psikologi, dosen pembimbing, serta teman-teman yang telah memberikan support, bimbingan dan motivasi. Ia juga berharap kepada adik tingkatnya bahwa jangan pernah bingung atau gelisah ketika ada persyaratan call of paper sebelum ke thesis, karena Mapsi UNTAG 1945 Surabaya selalu mendukung dan membimbing sampai bisa.

Dr. Suroso, MS., Psikolog selaku Dekan Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang turut hadir mendampingi menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan salah satu media untuk bertemunya para ilmuwan psikologi islam yang ingin sharing pendapat dan mempresentasikan hasil penelitiannya. 2 (dua) mahasiswa yang present dikarenakan tema penelitiannya masuk dalam bidang tersebut (psikologi islam)”.

Beliau berharap semoga hal ini memotivasi mahasiswa magister psikologi lainnya untuk mengikuti presentasi-presentasi pada conference atau seminar serupa, sehingga mahasiswa magister psikologi UNTAG Surabaya tidak tertinggal dengan mahasiswa dari universitas lain.

Selain kegiatan tersebut, diselenggarakan pula The 1st Annual Conference of Applied Islamic Psychology di waktu dan tempat yang sama.